Pengalaman Ikut Rekrutmen di OCBC NISP (part 2)

Holla! Ini lanjutan pengalaman saya ketika mengikuti proses rekrutmen di OCBC NISP.
Setelah interview HR pada 3 Januari, lalu pada 11 Januari saya mendapat telepon lagi untuk interview user pada 13 Januari.
Ga nyangka banget kalau bakal dapat undangan lagi untuk interview user.
So, cekidottttt my story....

Interview User 1
Saat interview HR minggu lalu, sang HR menginfokan bahwa interview user dibagi menjadi 2. Ibarat sebuah restoran, ada bagian masak dan ada bagian pramusajinya. Demikian juga dengan interview user. Nantinya saya akan interview dengan user bagian 'pengolah makanan' dan user bagian 'penyaji makanan'. Sebenarnya saya ga begitu paham maksudnya, cuma ya sudahlah. Saya ikuti saja. Toh namanya juga nyari kerja.
Kamis, 13 Januari saya diminta datang pkl 10.00 Seperti biasanya, saya sampai di TKP lebih cepat 1 jam, broo.. Jadi setelah lapor kehadiran di resepsionis, saya leha-leha di rest room (lagi-lagi 'upacara', yaaa you know what I mean lah ya). Sekitar kurang dari pkl. 10.00, saya menerka-nerka orang yang duduk di kursi ruang tunggu. Banyak sih orangnya, tapi kelihatannya mayoritas dari mereka janjian untuk rapat. Jadi, mama dong yang mau interview seperti saya ini? Lalu, ada sesosok karyawan muda yang mondar-mandir lalu mengajak seorang cewek bersalaman, mereka berbincang-bincang sebentar tapi si cewek kelihatan kaku. Lalu sang karyawan mempersilakan si cewek itu masuk ke ruangan rapat. Hmmm.. Kelihatannya karyawan itu user yang mau wawancara deh. Dannnn ternyata benar sekali. Setelah cewek itu, ada giliran satu orang lagi, baru saya.
Saat giliran saya, user muda ini tidak banyak bertanya. Malah saya yang jauh lebih banya nanya (loh, jadi yg interview sapa sih? Saya atau dia?). Ga berasa setengah jam berlalu dan saya diantar menuju ruangan meeting di sisi yang lain.

Interview User 2
Jengg jenggg... Di dalam ruangan itu duduklah 2 orang bapak berumur 50-an tapi pangkehhh. Mereka user saya beneran nihhh... Beliau berdua ini kelihatan banget punya peranan penting di perusahaan. Kami bersalaman dan berkenalan. Interview pun dimulai.
Bapak 1 meminta saya untuki memperkenalkan diri yang meliputi kegiatan sehari-hari, hobi, latar belakang keluarga, pengalaman kerja, dan jobdesk di kantor yang lama. Dasar anak Komunikasi sih ya (baca: kebawelan), dengan lancar dan tanpa terbata-bata saya cerita apa saja yang diminta. Setelah itu Bapak 2 bertanya kepada saya, "Kamu kan dulu punya jabatan di kantor, posisinya enak, sekretaris bos loh! Orang penting loh kamu... Kok resign?" Saya jawablah sejujurnya, "Karena di sana kesempatan berkarirnya kecil, Pak." dan berlanjut dengan pertanyaan-pertanyaan lainnya. Seringkali disetiap pertanyaan, mereka berdua tertawa bahkan mengajak saya tertawa juga. Emang dasar saya ini doyan guyon juga, saya ikut senyum-senyum. Mereka malah lebih sering heboh sendiri.
Interview berjalan 30 menit. Pada akhir tanya-jawab, Bapak 2 bertanya, "Eh, kamu mau ditempatin di cabang mana?" Saya mikir dulu, belom pasti diterima kok udah nanya begitu ya? Eh, ditambahin sama Bapak 1, "Iya, kalau jodoh nih ya, kamu mau ditempatin di mana?" Saya nanya balik, "Emangnya boleh pilih, Pak?" Mereka jawab dengan kompak, "Boleh aja kalau ada request khusus." Saya jawab dengan gaya idealis, "Saya ga masalah mau di tempatin di mana. Tapi kalau boleh saya minta di K......" Mereka ngangguk and interview has done. Saya pulang dehh....

Medical Check up
Telolet telolett. Senin, 16 Januari saya dapat email undangan dari Human Capital OCBC (HR di sana disebut HC atau Human Capital) untuk medical check up. Mereka menyantumkan surat pengantar agar saya memberikannya kepada laboratorium yang ditunjuk.
Tidak lama setelah menerima email tersebut, sang pengirim email menelepon saya untuk konfirmasi ulang dan saya menyatakan bahwa saya bisa hadir. Saat itu rasanya gimana ya............. PENGEN TEREAK "WOIIIIII GUE SAMPAI DITAHAP MEDICAL CHECK UP WOIIIII..." karena ga nyangka banget. Urusan takut sama jarum suntik atau ga mah bodo amat, yang penting besok hadir dan persiapan fisik supaya hasil medcek-nya bagus.

Selasa, 17 Januari tepat hari yang ditentukan untuk medcek. Saya sampai di laboratorium yang ditunjuk yaitu di daerah Jalan Wijaya I, Jakarta Selatan. Begitu sampai sana, ya ampun sepi banget. Ya, mungkin karena masih jam 7 pagi. Pas ambil nomor antrean, saya dapat nomor 1! Buset, ga salah nih? Saya yg pertama dong? So, gapapalah. Jalanin aja, termasuk bertemu dengan jarum suntik itu. Hiiiii.....
Sekitar 30 menit kemudian pemeriksaan kesehatan selesai. Cepet banget, saya aja sampe kaget. Proses pemeriksaan memang cepat banget karena ga ada antrean. Udah gitu semua petugas lab bener-bener profesional. Ambil darah dalam itungan detik dan jarumnya ga berasa sama sekali. Beneran loh, soalnya kulit saya tuh perasa banget. Ini bener-bener ga berasa. Tau-tau udah selesai aja. Trus lanjut ronsen. Ronsennya juga dalam hitungan detik. Selanjutnya pemeriksaan dokter. Ini sih standar aja, "Ada riwayat sakit ga? Mata minus atau silinder? Bla bla bla" lalu tes buta warna atau ga.
Tapi sayangnya kita ga bisa liat hasilnya. Akhirnya saya kepoin aja dokter dan petugas labnya. Mereka mengatakan sejauh ini hasil medcek saya bagus kok. Saya juga nanya kapan hasil tes akan mereka kirim ke pihak perusahaan. Mereka menjawab hari itu juga akan dikirim. Wow....

Semua rangkaian tes telah saya ikuti. Selanjutnya, saya menyerahkan kembali semua hasilnya kepada pihak perusahaan. Tak lupa saya berserah kepada Tuhan. Saya percaya kok Tuhan ga akan kecewain saya. Saya ga mau berharap banyak, karena saya ga mau mendahulukan ego saya. Saya maunya biar kehendak Tuhan aja yang terjadi dalam hidup saya.

Itulah pengalaman saya selama mengikuti proses rekrutmen di OCBC NISP. Buat kamu yang belum pernah atau ga kepikiran untuk kerja di bank, coba deh pikirin lagi. Prospek karirnya bagus loh (saya ga promosi, tapi emang bener).

Semoga aja saya bisa diterima di perusahaan ini dan bisa menjadi karyawan yang baik. Aminnnnnn :)

Komentar

  1. Hay kaa, terus skrg gmn tuh udh lolos blm? Oh yaa emang ga di teat psikotest online? Trus kalo ada test jeda hari dr psikotest ke mcu itu brapa lama ya? Jawab yaa thx

    BalasHapus
  2. Hai winda. Makasih pertanyaannya :)
    Akhirnya diterima kok. Ini udah mulai training.
    Ada kok psikotes online tp hanya sebagai acuan utk user kira2 kita tuh gmn orgnya.
    Dari psikotest online msh ada interview user dl. Baru minggu dpnnya MCU deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh gitu ini ikut yg program apa? Dan trainingnya dmn hehe soalnya aku juga lgi ikut proses rekrutment nih, tgl 30 kmaren baru interview user terus tgl 2 feb paikotest online, ini lg nunggu kabar lolos buat mcu apa ngga nya hhee, kira2 kalo udh smpe psikotest bisa lanjut ke tahap slanjutnya ngga yaa

      Hapus
    2. abis psikotest online kan ada interview user lg, itu ditanya apa aja yaa? trs interviewnya pake bhs inggris gak? heheh

      Hapus
    3. Setelah itu ngga ada interview user lagi sih, pokonya kalo aku dulu tahapnya tuh pertama interview hrd, udh gtu interview user wkt itu ak dapetnya di kc tangerang merdeka, nah setelah itu psikotest online trus mcu dah itu signin contract, pas interview sih gaada yg pake bhs inggris hehe kalo yg pertama cuma d tanya2 ttg pribadi gitu kan, trus d tnya siap d tmpatin dmna aja apa ngga, dikit sih d tanyanya, kalo yg interview user yg kedua wkt itu aku udh d kasih tau kalo lolos bakalan d tmpatin di kc mananya, jd ditanya nya skitar siap apa ngga dtmpatin disitunya, d tnya job desk kerjaan sbelumnya, trus kalo msalnya kc yg kita tmpatin itu jauh d rumah d tnyain gitu nnt nya mau kost, ikut sodara apa pulang pergi, kaya gitu sih kalo aku hehe

      Hapus
  3. Kalo aku sih masuk program banking academy utk funding. Trainingnya di ocbc tower. Yg dari luar kota jg trainingnya di sini. Hehehe.
    Kl winda ikt program apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. haloooo, kamu ikut banking academy di ocbc juga ya? kamu waktu di interview user yg kedua setelah psikotes online, ditanya apa aja? trs pake bhs inggris ga? hehehe

      Hapus
  4. Ooh brarti yg sales yaa, aku ikut yg operations nya, hr kamis minggu lalu baru test psikotest onlinenya, itu trainingnya kalo yg funding brapa lama? Aku lg nunggu kabar utk tahap slanjutnya, smoga sama bisa lolos bisa masuk ocbc juga hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, km ikut ba operations yg teller atau service assistant? trus skrg gmn kelanjutannya?

      Hapus
  5. Iya bener, yg BA for sales.
    Semoga lolos ya, soalnya persaingannya ketat bgt. Byk bgt yg apply di situ. Pas jobfair tuh antriannya mengular...

    BalasHapus
  6. Aku yang teller, ini udah mulai kerja hehe aku ga masuk yg banking academy jadinya yg prohire karna udh ada pngalaman kerja hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. jeda waktu dari interview user ke psikotest online brp hari ya? hehe

      Hapus
    2. Mba tanya dong.
      Gaji teller prohire disana diatas 4.5jt kah? Thankyou

      Hapus
    3. @dumayanti, wah kalau itu aku ga tau karena ranahnya beda

      Hapus
  7. Kalo wktu itu sih dr interview user ke psikotest online jedanya cuma 2 hari, hr selasa interview user hari kamisnya psikotest, 2minggu setelahnya baru dpt kabar buat mcu, seminggu berikutnya d kabarin lolos, gitu sih kalo aku hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ka winda aku juga lagi tunggu test untuk teller dan waktu itu interview usernya sama kaya kaka di KC TANGGERANG jl merdeka. aku udh psikotes online lagi tunggu MCU ini tp udh hampir 2 minggu blm dipanggil lagi. kira kira lolos ga ya?

      Hapus
    2. Haloo aku juga sama waktu itu pas bgt dua minggu bru dpt kabar MCU, test psikotest tgl 1 baru dpt kabar buat mcu nya tgl 23

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  8. Hallo, isi materi psikotest online untuk BA Operations (Teller) kira2 seperti apa yaa? dan aku baru aja (malam hari) dpt email utk psikotest, kalau ngerjain besok pagi nya boleh gak yaa? Terima kasih😊

    BalasHapus
  9. halo gan.. kira2 gaji untuk ba di ocbcnisbi brpaan ya? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo gan. Basi ga ya kl baru bales skrg? Hahaha.
      Utk gaji, 1 taun pertama masa percobaan kita blm terima gaji. Gaji itu disebut sebagai yang saku dan diatas UMR. Cukuplah buat beli baju branded 😏

      Hapus
    2. halo kak masih dibales ga yaa, mau nanya 1 taun percobaan belum terima gaji itu gmn ? kita ga dapet uang samsek ? bingung hehe

      Hapus
    3. Hai mbak. Staun pertama kita tetep gaji kok. Cm ga dpt THR.

      Hapus
  10. masih dibales ga ya..
    sy kebetulan 18 sept kemaren interview hr di ocbc tower, besoknya langsung psikotest online.. ini masih nungguin kabar buat interview user kira2 brp minggu ya..? kata si ibunya beres psikotest online berarti sy masuk dan dokumen2 di proses kemudian suruh tunggu undangan interview user..

    kebetulan sy jg apply buat BA for sales nih, training nya gmn dan kira2 prospek kedepannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maap baru bales ya gan. Sbnrnya prospek kedepannya ga ada yg tau, semua tergantung msg2 pribadi. Di dlm BA saya ada 14 orang dan sampai tahap 3 ini baru ada 2 orang yg gugur. Sistem gugur dilihat dari nilai kita serta keaktifan kita di cabang.
      Tp mnrt saya, kalo udah BA ini sih bagus bgt. Selain kita bs tau produk2 bank, kita pun punya byk koneksi. Ud gt nilai diri kita semakin bertambah (kali aja dibajak bank lain)

      Hapus
  11. klo teller jam kerja ny dr jm brp smpe jm brp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jam 7.45 harus sudah siap utk morning briefing. Jam 3 selesai layanan dan tutup buku. Jam 5 pulang deh

      Hapus
  12. klo teller jam kerja ny dr jm brp smpe jm brp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jam 7.45 harus sudah siap utk morning briefing. Jam 3 selesai layanan dan tutup buku. Jam 5 pulang deh

      Hapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. saran aku jangan deh OCBC NISP berat banget, target sekarang ga di bebanin ga ke marketing ajatapi ke operation juga. Apalagi disana sistem akses IT nya yg super ribett. Tapi itu balik lagi tergantung masing" cabang. Setahu aku mulai tahun 2018 OCBC lagi kejar target masuk 5 bank besar di indonesia. Jadi yang sebel target & nga suka di coaching mending mikir lagi dh. (Serius).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu serius mba? Soalnya saya ada interview di ocbc harapan indah senin besok, sebagai sales KPR mortgage.

      Hapus
    2. @nadia semua bank, di bagian operation/ frontliner nya skrg dibebankan target jualan jg. Jdi bkn hanya di ocbc nisp. Karna kalau hanya mengandalkan marketing, bank nya susah mencapai target.

      Hapus
  15. Mau tanya dong. Please bantu jawab. Job desk untuk BA for sales di ocbc bagaimana sih gambarannya? Apakah door to door. Atau gimana ya. Trims

    BalasHapus
  16. Mau tanya dong. Please bantu jawab. Job desk untuk BA for sales di ocbc bagaimana sih gambarannya? Apakah door to door. Atau gimana ya. Trims

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Jangka waktu pengumuman dari psikotes online berapa lama ya?

    BalasHapus
  19. Kira di bank NISP tes psikotes nya kaya gmn ya, trus interview tahap 1 dan 2 nya ditanya apa ajj ☺️ maklum ka aku baru lulus kuliah blm punya pengalaman kerja mau nyobain ngelamar ke bank tp blm berpengalaman

    BalasHapus
  20. Ada yg pernah apply BA for IT ga nih? Bagi bagi pengalaman nya dong hehe

    BalasHapus
  21. Ka sy eva ,sy lulusan dari bakti bca ,tapi sy blm lulus s1 kirakira bisa ga ya masuk ocbc? Sy kuliah masih smest 5 mohon infonya makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm sepertinya agak sulit ya karena semua persyaratan harus min s1

      Hapus
  22. Hi,masih aktif ga ya ini
    Maaf saya mau tanya,kalau yg dibagian Call Centre OCBC setelah interview ke user brp hari lagi ya kira2 dapat panggilannya?

    BalasHapus
  23. Hi,masih aktif ga ya ini
    Maaf saya mau tanya,kalau yg dibagian Call Centre OCBC setelah interview ke user brp hari lagi ya kira2 dapat panggilannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf kak, saya ga tau kalau itu. saya bukan HRD soalnya...

      Hapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. Hai kakak, semoga msh aktif ya
    Mau nanya kalau udh d tahap MCU peluangnya gmna ya?
    Terimakasih

    BalasHapus
  26. Hai ka, aku lg proses rekrutment jg ni, aku udah intetrview hrd dan interview user, tinggal nunggu lolos ga nya ke tahap psikotes online, kira2 jeda nya berapa lama ya ka?

    BalasHapus
  27. Hi ka
    Mau nanya, klo yg GDP itu programnya kaya MT ya ?
    Semoga dibales ya ka

    BalasHapus
  28. Hai kak, semoga masih aktif.
    Aku baru lulus kuliah taun ini, dan akan ikut training di bln 8 tgl 10 nanti. Semua proses rekrutment dr awal sampe mCU sudah selesai, selasa ini tinggal tanda tgn ikatan dinasnya,
    Aku juga sama ambil program academy yang funding.

    Boleh dibagi gak pengalamannya secara singkat selama jadi Marketing Funding OCBC ? ^_^ dan apakah skrg kakak masih bekerja di prusahaan tersebut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Hai kak.. mau tanya waktu itu setelah interview user dikabarin untuk mcu berapa lama ya?

      Hapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  30. Haloo kaaa, mau apakah ada proses pengecekan data2 terkait ijazah, kk, ktp, dll? Jika ada berapa lama yaa kaa proses pengecekannyaa? Thankyou kaa. Stay healthyy

    BalasHapus
  31. Hi kak mungkin bisa minta email/kontaknya karna blog kakak sangat bermanfaat sekali buat orang2 yg penasaran dengan tes/pekerjaan di ocbc. Apabila berkenan tolong di balas komen saya sertakan email kakak biar bisa lanjut tanya2 hehe:) (atau buat kakak2 yg udh pernah tes/kerja di ocbc bisa sharing emailnya)

    BalasHapus
  32. Haloo kak, semoga di bls yaa
    Psikotest online nya contoh soal2nya gmna ya kak? Trus job desc untuk BA for sales itu seperti apa?

    Yg tau bantu jawab dong guyss

    BalasHapus
  33. Smoga masih aktif ya kak
    Kak. Kalau aku uda bm cabang interview hrd terus bagian head nya
    Nah abis itu kak gimana ya

    BalasHapus
  34. Hallo setelah MCU dikabarin lagi buat sign kontrak berapa lama kak jeda nua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Halo, kk sudah sign kontrak kah saat ini? Jaraknya brp lama kak dri mcu ke ttd?

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita Jujur dari Seorang RM Funding (1)

Pengalaman Ikut Rekrutmen di OCBC NISP (part 1)