Kerja Bareng Sama Orang Nyebelin - Jilid 1

Apa sih yang kalian rasain waktu kerja bareng orang yang nyebelin? Nyebelin dalam arti sok tau padahal ga tau apa-apa, sok gaul padahal ga ngerti apa-apa, dan sok-sok lainnya. Kalau dia sok pinter tapi emang beneran pinter sih ga apa-apa, lah ini dikasih tau aja ngeyel. Kesel ga sih lu? Emosiiii.....

Saat ini saya ngalamin sih. Pada awal September 2016 saya resign dari kantor saya yang lama. Sambil nyari kerja, saya diminta untuk bantu usaha tante saya (yaa bukan tante beneran sih, tapi kekerabatannya deket). Beliau punya usaha garment. Kira-kira menjelang pertengahan September, saya mulai untuk bantu usaha dia. Cerita dimulai....

Mini dictionary
Tante : pemilik usaha
AH    : nahh.. ini nih yang nyebelin
Mbak U: orang gudang, ngurus e-commerce juga
MA    : temen satu ruangan selain si AH 

Ketika saya mulai membantu usahanya si Tante, saya ditempatkan di sebuah ruangan kosong. Tadinya ruangan tersebut digunakan sebagai studio mini (kami produksi baju lalu difoto dan dijual melalui e-commerce). Ya, di ruangan itu saya sendiri. Ngantuk banget, coyyy! Ga ada temen ngobrol. Udah gitu staff office yang lain pada bantu produksi dan finishing konveksi di bawah (nah loh). Oh iya, di usahanya si Tante ini ada konveksinya di lantai bawah. Ada ruangan finishing dan produksi juga. Masing-masing orang ada bagiannya. Btw, di dalam ruangan finishing ada 1 anak cewek yang mukanya ga bersahabat deh. Saya dikasih tahu namanya AH (sebut aja begitu, ga mungkin 'kan gue umbar nama aslinya di sini). Mungkin saat ini usianya antara 17-18 tahun. Setiap pagi waktu saya datang, seringkali saya melewati ruang produksi dan berpapasan sama si AH. Tapi si AH ini kenapa ya, kok dia nunduk aja. Lewat ya lewat aja. Kalau ga salah pernah tuh saya liatin aja dia, eh dia ga liat balik loh. Gila nih orang, ga pernah sosialisasi atau gimana ya? Ga ngerti deh...

Sekitar satu-dua bulan kemudian, muncullah MA. Anaknya sanguin-melankolis. Menyenangkan dan ga ribet. Saya pikir asik nih sekarang punya temen seruangan. Anaknya ga rese pula. Hari-hari pun agak menyenangkan (hahaha, setidaknya ada temen ngobrol dong).

Nah... awal November 2016, Tante bilang kalau dia minta si AH untuk bantu penjualan melalui e-commerce di office. Yah, saya langsung males. Liat mukanya aja males, gimana bisa kerja bareng. SI Tante bilang kalau hari itu si AH bakal bantu. Tapi sampai siang bahkan sampai saya pulang, AH ga muncul-muncul tuh di office. Yasudahlah, bagus juga saya pikir.

Besok paginya, entah Tante mau cek si AH naik ke office atau ga, terjadilah percakapan begini
"Tuh si AH udah saya minta untuk bantu upload-upload foto di e-commerce." kata Tante
"Mana... dari kemaren pagi ampe sore dia ga naik-naik tuh." kata saya
"Ha? Padahal kemaren saya udah pesen loh sama dia. Yahh mungkin kerjaan di produksi lagi banyak kali. Dia bantu lipet-lipetin baju."
Oh, oke. Seterusnya aja kerjaan di bawah banyak, jadi 'kan gue ga usah liat mukanya yang menyebalkan itu (jahat ya gue.. astaga).
Siangnya saat Tante udah pulang (dia memang biasanya cuma setengah hari di tempat usahanya, setelah jam 12 dia akan pulang), saya tanya ke MA.
"MA, tau ga di bawah ada anak namanya AH?" tanya saya
"Tau, Ci. Emang kenapa?"
"Pernah ngobrol ga sama dia?" saya mulai kepo
"Hmm... Ga pernah sih. Tapi ya dia biasa aja. Senyum-senyum aja. Emang dia kenapa sih, Ci?"
"Nope. Aku ngerasa ada yang aneh sama anak itu. Kenapa ya tiap jalan dia selalu nunduk? Aku pernah loh liatin dia supaya dia ngeliat aku, tapi tetep aja. Jalannya lurusssssssss dengan muka nunduk."
"Hahaha, mungkin dia malu karena ga kenal."
"Entahlah ya. Apa dia nganggep aku ini apa, aku juga tau."
Percakapan berhenti sampai situ dengan rasa penasaran di otak saya

Besok paginya nih.... Hmmm...... Tante bawa AH naik ke office (hadehhhh....)
"AH, sekarang begini ya. Kalau pagi kan dibagian produksi belum begitu banyak, nah kamu bantu upload-upload foto di sini supaya jualan kita bisa lebih cepet. Omset kita nurun loh, makanya kita mesti cepetan kejer kalau ga bisa kalah sama yang lain." kata Tante
"Jadi, AH (dia menyebut namanya sendiri disetiap percakapan) pagi di sini? Siang baru ke bawah?" tanya AH
"Ya. Tapi kalau di bawah ga terlalu banyak, kamu tinggal aja. Kamu fokus maintain jualan kita"

Alright.... Sepertinya mulai menyebalkan. Entah kenapa feeling not good nih...
Duduklah dia di depan komputer yang memang cuma 1 di ruangan itu. Saya kerja memang pakai laptop sendiri, sedangkan MA pakai komputer hanya saat dia perlu untuk desain.

Hari demi hari, saya coba untuk biasa aja sama dia. Saya coba beranggapan kalau selama ini persepsi saya salah mengenai dia. Saya coba beraktivitas seperti biasa, rame, dan bawel. Akhirnya AH komentar...
"Ternyata cici orangnya asik ya. Aku kira pendiem aja."
"Emang kamu kira gimana awalnya? Sombong?"
"Iya. Orang-orang di bawah juga nanya-nanya. 'Itu sapa? Keliatannya sombong' gitu kata mereka. Tapi ternyata ga"
Oh... Itu sih sudah saya duga.
"Ya memang sih, kamu bukan orang pertama yang ngomong begitu. Ini muka emang udah bawaan dari sono makanya kalau ga kenal pasti orang bilang aku sombong, judes, dll"
"Jomblo ga, Ci?"
"Ga dong" jawab saya spontan
"Emang ada yang mau, Ci?"
Wah... Ini anak becanda sih, tapi kok kurang ajar ya. Secara saya belum merasa belom akrab sama dia loh. Ngobrol aja baru kok, tapi nanyanya begitu. Hmm...

Hari berganti hari. Kami tetep beraktivitas seperti biasa di dalam ruangan berukuran kurang lebih 2 x 2m. Seperti biasa, Tante minta saya untuk mengajari AH mengenai penggunaan e-commerce.
Saya sih ngajarin ya, tapi kenapa sih tiap kali diajarin dia selalu merasa sudah tau?
Contoh nih...
"AH, di Lazada tuh ada banyak barang kita yang ga ter-display. Coba kamu edit-edit di situ. Dulu aku edit-edit barang kita yang ga live, ampe berminggu-minggu. Tapi editannya mental. Balik lagi dinyatakan ga lulus QC"
"Iya, fotonya kali nih. Atau bla bla bla..."
"Iya, nah tuh kamu udah tau. Coba kamu edit"
"Iya..." tapi nada iya-nya tuh kesannya 'iya, gue juga udah tau kali'

Suatu hari, di Lazada ada trouble. Ceritanya, pagi-pagi pas dateng saya buka sellercenter Lazada. Wah, ada 3 pesenan nih. Pesennya dari kemaren pula, mangnya si AH kemaren ke mana sampe-sampe jualan ga diurusin? Saya tanya si AH. Dia bilang gini, "Kemaren ga ada tuh." Lah, gimana bisa. Orang statusnya ada yang udah lewat dari 24 jam kok. Saya agak spanning. Abisnya kesel banget. Dia ga terima omongan saya tuh keliatan banget dari mukanya. Abis itu, dia diem aja. Duduk di kursinya sepertinya biasa. Lah, gimana sih. Udah tau ada orderan kok bukannya cek stok ke orang gudang, malah diem aja. Tiba-tiba dia bilang, "Ci, ini kok invoice-nya ga bisa diprint ya?' Saya coba utak-atik dan buka sellercenter dari laptop saya. Nah loh, iya beneran ga bisa. Setelah diusut, rupanya metode pembayaran COD tidak berlaku untuk barang yang dipesan itu.
Saya bilang ke AH untuk hubungi customer care Lazada. Tapi seingat saya, customer care Lazada via telepon tuh ga ada walau saya ga bilang ke AH. Saya juga menganjurkan AH untuk kirim email ke partner support Lazada karena biasanya juga saya email ke sana kalau ada masalah. Mau tau ga? Dia cuma jawab "Iya" abis itu saya ga liat dia melakukan aktivitas yang saya sarankan. Astaga anak ini, kenapa sih ga responsif banget menanggapi masalah. Harusnya cepet dong dia selesaikan masalah ini.

Besoknya, saya ga masuk karena ada interview di tempat lain. Saya baru masuk besoknya lagi. Ketika saya cek sellercenter, status barang masih sama. Pending. Saya kesel sih, ini anak kok ga ngurusin ya. Saya tanyalah ke dia dan kebetulan di ruangan itu ada Tante.
"AH, ini yang Lazada gimana ya? Kamu udah telp customer servicenya blm?" tanya saya
"Kemaren tuh aku udah telp ke Lazada tapi ga ada jawaban. Trus udah aku email juga"
"Trus apa kata customer service-nya? Emailnya gimana?"
"Ga ada jawaban"
"Ha? Maksudnya?" Ini anak kenapa sih kalau jawab pertanyaan orang suka setengah-setengah
Sepertinya si Tante tanggap ada sesuatu yang ga beres. Dia bertanya lalu saya jelasin masalahnya. Tante ikutan penasaran.
"Jadi sebenernya gimana, AH? Kemaren kamu udah telepon Lazada? Trus apa katanya?"
"Ga tau"
"Lah, kok ga tau? Kemaren kamu telepon kan?"
"Iya," nah ni anak nada ngomongnya mulai ngeselin. Dia kesel kali kenapa ditanya-tanya terus. Lah, salah sendiri ngejelasinnya ga jelas, "kemaren pagi tuh AH udah telepon ke Lazada, jawabannya sibuk sibuk..."
"Maksudnya sibuk?" tanya Tante
"Ya..... nomornya ga bisa dihubungi"
"Ga ada yang angkat?" tanya saya
"Ga. Sibuk sibuk. Trus AH telepon lagi siangnya. Masih sibuk. Yaudah AH kirim email ke partner support nih... (dia bacain isi emailnya)"
"Nah trus hari ini kamu udah telepon Lazada lagi belom?" tanya saya
"Belom, nanti aja jam 10. Kata Mbak U, jam 10 aja"
"Lah, kenapa mesti jam 10? Telepon sekarang aja, mumpung belom terlalu siang. Kalau siang biasanya jaringan tambah sibuk." saran saya
"Tapi Mbak U suruhnya jam 10"
"Yaudah, trus yang email ke partner support gimana?"
"Belom ada jawaban sih..." jawabnya ragu-ragu
Oke, saya pikir masalah ini cukup untuk hari itu saja. Ternyata berlanjut lagi ke besoknya (udah berapa hari coba tuh...)


Besok paginya, saat Tante ada di ruangan, saya sengaja tanya ke AH
"AH, gimana kemaren yang Lazada? Udah telepon lagi?"
"Nih ada balesan emailnya: Terima kasih... permintaan partner akan kami proses..."
"Ya, itu namanya belom dapat jawaban. Bener-bener baru mau diproses. Mending kamu telepon deh tanya kelanjutannya gimana, kalau email kelamaan. Kita ga bisa update nomor resi pengiriman loh"
"Kan udah email..." jawabnya dengan nada nyolot
"Iya, tapi kelamaan. Mau sampe kapan nungguin email? Lazada tuh kalau bales email lama loh, soalnya mereka pasti banyak juga emailnya"
"Tapi kan udah email. Nanti siang deh AH telepon lagi"
"Jangan tunggu siang. Sekarang"
"Siang aja. Mbak U juga nyuruhnya siang"
ASTAGA INI ANAK. DIA DIMINTA KERJA DI OFFICE KAN BUAT BANTUIN GUE, KENAPA SIH INI ANAK.....
"Mending kamu telepon sekarang deh. Jangan nunda-nunda" kata Tante. Kayaknya dia agak nyimak perdebatan kami
"AH, yang namanya kita follow up kerjaan ya ga bisa nunggu entar-entar. Nanti pasti ada kerjaan yang lain lagi. Udah gitu kita kerja juga mesti cepet dong, masa iya kita tungguin aja jawaban dari mereka. Kita juga harus follow up, apalagi barang udah kita kirim loh" tambah Tante
Rasain, dalam hati saya. Kalau bos yang ngomong, mau apa lu hayo?
"Iya... tadi juga AH begitu kok"
Nah kan, bisa-bisanya ini anak ngejawab. Kenapa sih dia ga pernah ngerasa kalau dia salah? Tinggal bilang dong "aku harus ngapain?", denger penjelasan orang dan lakukan. Kalau mau pakai cara sendiri, mending ga usah nanya deh. Bikin kesel.

Begitulah kira-kira kerja bareng sama orang nyebelin. Apa ada yang pernah ngalamin seperti saya? Kesel ya, tapi mau gimana... Namanya juga udah karakter orang.
Bersambung ke Kerja Bareng Sama Orang Nyebelin - Jilid 2 ya guys.....


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Ikut Rekrutmen di OCBC NISP (part 2)

Cerita Jujur dari Seorang RM Funding (1)

Pengalaman Ikut Rekrutmen di OCBC NISP (part 1)